Selasa, 01 November 2011

Model Pembelajaran Seperti Yang Tepat Untuk Kelas 3 ?

Sering kita jumpai atau mendengar seorang guru di kelas - kelas awal susah untuk membuat suasana belajar yang kondusif. Hal seperti ini juga yang saya rasakan setiap masuk kelas. Dari sekian banyak model pembelajaran yang ada ternyata masih belum pas untuk diterapkan untuk kelas - kelas awal. Salah satu model pembelajaran yang ada yaitu Model Pembelajaran Terpadu.
Untuk melakukan perancangan dan pembelajaran terpadu dengan pendekatan tematik, guru perlu memahami konsep pembelajaran terpadu, jenis model pembelajaran terpadu, dan tahapan perancangan pembelajaran terpadu. Disini, perancangan pembelajaran terpadu dengan model jaring laba - laba (spider web) dan lebih dikenal dengan pembelajaran tematik.
Dalam pembelajaran tematik, guru harus menguasai beberapa keterampilan. Yaitu kemampuan menganalisis hubungan SK, KD, Indikator dan Tema, yaitu menentukan alur pembelajaran dari indikator semua mata pelajaran yang akan dipadukan sekaligus menyusun jaringan indikator atau tema, jadwal pembelajaran tematik berdasarkan alur indikator, menyusun silabus dan menyusun RPP tematik.
Saya sendiri merasakan sangat berat bila harus menyiapkan perangkat terebut sekaligus. Jadi, saya mohon saran atau kritikan dari pembaca semua semoga dengan saling tukar informasi, kita bisa saling melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar