Kamis, 03 November 2011

Penyakit Pada Musim Pancaroba

Orang mengatakan, bahwa musim pancaroba adalah peralihan musim. Baik dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya. Pada peralihan musim, kita seharusnya mewaspadai beberapa penyakit yang sering menyerang di musim seperti ini.
Salah satu penyakit itu adalah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini menyukai tempat - tempat yang bisa menampung air bersih, baik itu didalam rumah atau diluar rumah. Oleh karena itu, sebelum kita dan orang - orang yang ada disekitar kita terkene DBD, ada baiknya kita melakukan beberapa tindakan nyata yang sangat mudah dilakukan.
Tidakan nyata itu adalah gerakan 3 M.
1. Menguras tempat - tempat penampungan air,
2. Menutup tempat - tempat penampungan air, dan
3. Mengubur barang - barang bekas.
Dengan tindakan tersebut, setidaknya kita bisa mencegah mewabahnya penyakit DBD dilingkungan kita. Dan apa bila dilingkungan kita sudah ada yang terjangkit, sebaiknya segera dibawa kerumah sakit untuk perawatan yang lebih memadai dan melapor ke pihak terkait supaya dilakukan tindakan pencegahan lain supaya tidak menular. Secara otomatis dinas terkait akan melakukan pengasapan atau fogging diwilayah yang sudah terjangkit DBD.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar